Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi pangan


TUNGGU LOADING UNTUK DOWNLOAD PRESET


Mengetahui Manfaat Dari Teknologi Pangan 

Saat ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga kini telah menghasilkan berbagai macam inovasi. Salah satu bentuk inovasi yang bagus adalah dengan hadirnya berbagai teknologi pangan yang modern. Lalu, tahukah Anda apakah manfaat dari teknologi pangan sehingga mampu memudahkan semua pekerjaan manusia? 

Manfaat Dari Teknologi Pangan 

Dikutip dari buku Pengantar Teknologi Pangan yang ditulis oleh Dahrul Syah (2012: 9). Teknologi pangan adalah suatu aplikasi ilmu pangan ke dalam sistem seleksi, pengolahan, pengawetan, pengemasan, hingga distribusi dan pemanfaatan bahan pangan yang baik, aman dan juga bergizi. Dengan adanya teknologi pangan ini, maka akan tercipta suatu tatanan yang lebih praktis dan akan selalu memudahkan kehidupan manusia. 

Lalu apa saja manfaat dari teknologi pangan yang perlu kita ketahui? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Menghilangkan Penyakit dari Makanan 

Manfaat teknologi pangan yang pertama yakni bisa cepat menghilangkan berbagai penyakit atau bakteri dari makanan. Dengan aanya teknologi dalam makanan ini dapat membunuh berbagai mikroba jahat yakni pasteurisasi yang mampu membuat susu lebih steril, sehingga aman untuk dikonsumsi. 

2. Meningkatkan Nutrisi Makanan 

Teknologi pangan pun mampu meningkatkan nutrisi ataupun menambah kandungan gizi pada makanan. Contohnya seperti fortifikasi yang ada di garam yang juga mampu mencegah penyakit gondok. 

3. Dapat Mengawetkan Makanan 

Makanan memiliki masa yang terbatas untuk dikonsumsi manusia. Dengan adanya teknik pengawetan, maka bahan pangan akan terhindar dari pembusukan. Selain itu, bahan pangan pun dapat didistribusikan ke berbagai tempat yang jauh tanpa khawatir akan rusak. 

4. Meminimalisir Kerugian Sisa Bahan Pangan 

Kehadiran teknologi pangan membuat hasil panen dapat diolah menjadi berbagai aneka bahan pangan yang lebih bermanfaat. Contohnya hasil panen bawang yang jumlahnya berlimpah, maka sisa bahan pangan pun bisa masyarakat olah menjadi bawang goreng siap saji.

5. Efisiensi Menyantap Makanan 

Teknologi pangan juga mampu untuk memudahkan manusia dalam menyantap makanan, seperti dengan membuat kopi instan tanpa ampas, susu cair langsung minum, hingga bumbu penyedap dan lain-lain. Dengan begitu, maka makanan pun bisa dikonsumsi secara lebih mudah, sehingga efektivitas dan efisiensi yang didapatkan lebih terjamin. 



NAIK KEATAS DIKIT UNTUK DOWNLOAD PRESET